ga('send', 'pageview');

Kapan Saatnya Modal Bisnis Harus Ditambah?

Salah satu tindakan pengusaha yang perlu dipikir mendalam adalah menentukan penambahan modal guna memperbesar skala usaha yang dimiliki. Kapan saat yang tepat melakukan kegiatan tersebut? Itulah gunanya kami mencoba memberikan saran terbaik berdasarkan hasil wawancara kami kepada rekanan pengusaha sukses di berbagai gerak usaha. Semoga wawasan dalam ulasan ini cukup membantu anda dalam menentukan keputusan terbaik.

Kadang, ada saja pebisnis pemula yang terlalu agresif untuk memenangkan usahanya. Mereka berharap dapat memperluas usaha dalam waktu singkat. Salah satunya dengan menambah modal. Ada saja yang mencoba melakukannya dengan rela mengajukan permohonan program pinjaman modal kerja pada perusahaan keuangan. Tidak jarang, tindakan ini terlalu gegabah dan menjadi bumerang. Awal petaka kehancuran bisnis terjadi, karena saatnya tidak tepat.

Atas ilustrasi di atas, ada beberapa hal yang perlu anda pikirkan sebagai persiapan sebelum mengambil keputusan penambahan modal. Diharapkan kehancuran bisnis tidak terjadi karena beban hutang perusahaan tinggi padahal belum menunjukkan hasil peningkatan performance. Dan poin terpenting adalah sebagai berikut:modal kerja

Perhatikan Daya Serap Pasar

Sekalipun bisnis yang anda kelola memiliki potensi pasar yang luas, belum tentu semua produk dan layanan anda dapat diserap pasar (market). Kami pernah berdiskusi dengan nasabah dari  yang menjalankan usaha distribusi pakan ternak di Makassar. Dia mengatakan bahwa pertumbuhan modal tidak selamanya linear dengan peningkatan hasil. Daya serap masyarakat di daerahnya atas produk yang dijual memiliki batasan. Dia pernah mencoba menimbun produk dengan meningkatkan pasokan dari 12 kontainer per bulan menjadi 15 kontainer. Selain tidak ada perubahan harga dasar tebus, dia malah mengalami penambahan biaya operasional dengan menambah gudang penyimpanan. Selain itu, produk yang gak laku juga menjadi busuk sehingga menimbulkan kerugian besar.

Pikirkan Peningkatan Kualitas SDM

Pada contoh kasus di atas, nasabah kami dari Makassar tersebut sebenarnya memiliki argumen bahwa peningkatan stok masih bisa berhasil dan berimbas bagus selama dia dapat memperluas pasar. Masalahnya dia belum memiliki SDM yang mampu menangani proses bisnis. Dari sini, ada kelemahan mendasar yaitu kualitas SDM perlu ditingkatkan. Jika karyawan hanya dituntut untuk terus bekerja tanpa diberikan pendidikan tambahan, maka performance individual terjadi stagnasi. Ada baiknya jika karyawan diberikan tambahan ilmu dengan mengikuti training-training yang berkaitan dengan bisnis. Manfaatkan waktu yang ada bukan untuk lembur kerjaan melainkan untuk penambahan pengetahuan dan ketrampilan karyawan.

Kembangkan Kreatifitas

Sudah banyak kita dengar kemajuan sebuah bisnis karena adanya ide kreatif (out of the box). Coba pikirkan hal-hal baru yang dapat diterapkan pada bisnis yang anda kelola. Kami yakin, di semua bisnis pasti bisa dikombinasikan dengan perkembangan teknologi. Anda bisa menggunakan teknologi tersebut untuk membantu pekerjaan, mempercepat proses atau membantu dalam memperluas pasar. Jangan pernah salah keputusan dalam menetapkan tujuan penambahan modal bisnis, apalagi sampai pinjam uang pada pihak lain padahal kajian bisnis belum dilakukan mendalam.

Demikianlah sekilas terkait saat yang tepat melakukan investasi guna meningkatkan hasil perusahaan. Penambahan modal memang perlu selama telah dilakukan pengkajian mendalam.

Pusat Raja Dana Indonesia juga sepakat bahwa ada waktunya bahwa modal perlu ditambah. Tetapi belum tentu tujuannya untuk memperbesar stok produk. Ada banyak yang bisa dilakukan guna memperbesar volume bisnis selain  membanjiri pasar yang sudah jenuh dengan produk yang anda jual.

 

modal bisnis
5

Ringkasan

Pastikan waktu yang tepat untuk menambah modal usaha agar memberikan hasil yang positif bagi pebisnis pemula. Salah keputusan dapat menghancurkan perusahaan yang anda miliki

Sending
User Review
5 (1 vote)
Bagikan: